Firli: Komisioner KPU Terjaring OTT KPK Wahyu Setiawan

KETUA KPK Firli Bahuri menyebut inisial Komisioner KPU terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta, Rabu (8/1).

“Komisioner KPU atas nama WS,” kata Firli saat dikonfirmasi mengenai OTT Komisioner KPU.

Firli sebelumnya menyebut OTT hari ini terkait kasus suap. Namun dia tak merinci suap yang dimaksudnya. Hal serupa disampaikan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron.

“Iya tadi siang KPK ada giat OTT kepada yang diduga seorang komisioner KPU berinisial WS,” ujar Nurul.

Ketua KPK Firli Bahuri. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

 

Komisioner KPU periode 2017-2022 terdiri dari tujuh orang yakni Ketua KPU Arief Budiman dan enam anggota masing-masing Pramono Ubaid Tanthowi, Wahyu Setiawan, Ilham Saputra, Hasyim Asy’ari, Viryan, Evi Novida Ginting Manik.

Wartawan telah menghubungi semua komisioner KPU namun hanya enam komisioner yang menjawab. Wahyu Setiawan tidak menjawab.

Mereka yang menjawab adalah Ketua KPU Arief Budiman, anggota KPU Pramono, Hasyim Asy’ari, Viryan, Ilham, dan Evi Novida. Mereka menyatakan tidak mengetahui soal OTT ini.

“Saya belum tahu mas, saya cek dulu ya,” kata Arief.

“Saya di kantor dari pagi. Saya belum dapat infonya,” kata Pramono.

 

KETUA KPU SEBUT WS MUNGKIN DIKELUARKAN DARI PESAWAT
KETUA
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengungkapkan Komisioner KPU yang dikabarkan terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK, WS, tak ikut mendarat dalam pesawat ke Belitung lokasinya bertugas hari ini.

“Beliau (WS) berangkat bersama staf. Saya enggak hapal pesawat jam berapa, pesawat siang. Pas landing, kok yang turun hanya humas, Pak Wahyu enggak ada dalam rombongan. Ini konfirmasi [ke] saya, setelah ramai [kabar OTT],” ujarnya.

“Memang masuk pesawat bersamaan. Pas landing [WS] enggak turun ke luar pesawat. Infonya enggak jadi terbang, atau dikeluarkan dari pesawat,” Arief menambahkan.

Komisioner KPU, Wawan Setiawan

Dia mengungkapkan WS memang sedang bertugas ke Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Rabu (8/1). Sementara, Arief, bersama Komisioner KPU Hasyim Asy’ari, Pramono Ubaid Tanthowi, Ilham Saputra, tengah berada di kantor KPU, Jakarta.

Komisioner KPU Evi Novida Ginting sedang memenuhi undangan pemantau pemilu di Taiwan, dan Komisioner KPU Viryan tengan berada di Toraja.

Saat kabar OTT itu menyebar, Arief mengaku sudah tak bisa mengontak WS.

“Tadi pagi di grup masih dikonfirmasi. Ketika muncul [kabar OTT], sudah tidak bisa confirm,” ucapnya.

Pihaknya pun mengaku prihatin atas kabar OTT itu dan siap bekerjasama dengan KPK. Sejauh ini, Arief mengaku belum dihubungi pihak KPK dan belum mendapat informasi detil soal OTT.

“KPU percayakan proses selanjutnya hukum yang berlaku. Biar aparat yang menindaklanjuti,” tandasnya.

Sebelumnya KPK membenarkan ada OTT di Jakarta terkait kasus suap yang menjerat Komisioner KPU berinisial WS.

 

OTT KOMISIONER KPU

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap komisioner KPU RI dalam sebuah operasi tangkap tangan di Jakarta, Rabu (8/1). Penangkapan ini dibenarkan oleh Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar.

“Benar, KPU nasional. Ekspose digelar besok,” kata Lili saat dihubungi.

Sementara itu Ketua KPK Firli Bahuri menyebut OTT hari ini terkait kasus suap.

“Kita melakukan penangkapan terhadap para pelaku yang sedang melakukan tindak pidana korupsi berupa suap. Kami masih bekerja,” ujar Firli.

(CNNIndonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Follow by Email
Facebook
Pinterest