PPK SIKIM: Tidak Sesuai, Kontraktor Akan Diminta Ganti

PARIMO – Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek pembangunan Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah (SIKIM) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Wayan Sumarya mengatakan akan meminta kontraktor pelaksana mengganti barang-barang tidak sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan keteknisan pada proyek lampu taman.

Menurut Wayan indikasi penggelembungan harga (mark up) paket pemasangan lampu penerangan taman (landscape) SIKIM senilai Rp354 juta bisa terjadi dan dilakukan oleh kontraktor pelaksana. Sebab, tim perencanaan telah bekerja dengan baik.
Jika pun kemudian terjadi permasalahan pada proyek tersebut, hal itu merupakan kesalahan dilakukan oleh pihak kontraktor pelaksana.

“Penggelembungan harga (mark up) bukan pada perencanaan. Dikhawatirkan nanti ada salah peprsepsi, dan akhirnya perencanaan yang disalahkan. Padahal RAB dibuat sudah sesuai. Namun pelaksana mengadakan barang yang tidak sesuai RAB”, kata Wayan Sumarya, via ponsel genggamnya, kepada Koran Indigo, Minggu, (12/1).

“Perencanaan tidak mark up. Harga-harga barang konsultan yang survey, dengan spesifikasi alat tertentu, dengan kualitas bagus pastinya. Hanya saja pengadaannya oleh rekanan mungkin dilakukan dengan tidak sesuai hasil survey oleh konsultan perencanaan”, katanya.

Wayan juga menyatakan akan mengundang pihak-pihak proyek pemasangan lampu taman kompleks SIKIM dalam waktu dekat ini.

“Saya sudah undang perencana untuk datang ke Parigi bersama kontraktor (CV Citra Baru) untuk sama-sama ke lapangan dan lakukan cek dan ricek. Dan jika ada hal tidak sesuai, maka kita akan minta kontraktro menggantinya”, katanya lagi. (gwd/indigo)

 

BERITA TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Follow by Email
Facebook
Pinterest