Proyek Lampu SIKIM Disebut Milik Bekas Caleg PDI-P

PARIMO – Pengerjaan proyek pengadaan dan pemasangan lampu penerangan taman kompleks Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah (SIKIM), Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) amburadul. Rinto Harun, selaku direktur CV Citra Baru disebut hanya meminjamkan perusahaannya. Sedangkan paket ditengarai sarat korupsi itu, merupakan milik bekas calon legislatif (Caleg) asal PDI-P,  Vina Harun.

“Sebenarnya pekerjaan pemasangan lampu taman SIKIM itu bukan milik Rinto Harun. Namun, perusahaannya (CV Citra Baru) memang dipakai. Pemilik proyek itu adalah Vina Harun mantan calon legislatif (caleg) asal PDI-P pada pertarungan Pilcaleg 2019 lalu, dan merupakan kakak dari Rinto”, kata sebuah sumber, secara tertutup, kepada Koran Indigo, Senin, (13/1l).

Pengakuan Rinto Harun kepada wartawan, bahwa paket tersebut adalah kepunyaannya, kata sumber, hanya karena dia adalah direktur CV Citra Baru, dan mungkin untuk melindungi saudaranya.

“Namun, karena CV Citra Baru adalah perusahaan miliknya, Rinto Harun selaku direkturnya, maka dia harus mengakui bahwa pekerjaan lampu taman yang dikerjakan oleh adiknya merupakan milik dia”, kata sumber yang merupakan kontraktor lokal Parimo itu.

Berdasar penelusuran, Vina Harun disebut-sebut pemilik proyek pemasangan lampu taman SIKIM diketahui merupakan bekas calon legislatif (caleg)  asal PDIP-P, dan sempat bertarung pada Pilcaleg  2019 Parimo di daerah pemilihan (dapil) 2 terdiri dari Kecamatan Toribulu, Kasimbar, Tinombo Selatan, Sidoan dan Tinombo. Vina, tak lain merupakan saudara Rinto Harun.

Kepala Dinas Peindag Parimo, Amir Syamsudin mengaku tidak tahu menahu soal indikasi korupsi berupa mark up harga dan rekayasa barang terjadi pada proyek pemasangan lampu taman SIKIM itu.

Amir Syarifudin mengatakan, akan segera memanggil pihak-pihak mengelola proyek senilai Rp355 juta lebih berlabel DAK 2019 tersebut.

Amir juga mengarahkan wartawan agar melakukan konfirmasi soal proyek lampu taman kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan yaitu Wayan Sunarya.

Sementara itu, Rinto Harun boss CV Citra Baru mengaku belum dapat memberikan tanggapan secara lengkap. Rinto menyatakan dirinya tengah dalam perjalanan menuju Provinsi Gorontalo untuk menjenguk salah satu kerabatnya yang sedang sakit.

Namun boss CV Citra Baru ini menyatakan bahwa pihaknya telah mengerjakan sesuai spesifikasi dan RAB proyek pengadaan dan pemasangan lampu taman SIKIM tersebut.

Sebelumnya, media ini melansir soal amburadul proyek pemasangan lampu tamana kompleks SIKIM Parimo. Gelembung harga (mark up) dan rekayasa barang pengadaan diduga kuat terjadi pada proyek senilai Rp355 juta itu.

Pihak CV Citra Baru selaku rekanan disinyalir mengakali pekerjaan dengan menggunakan Lampu LED dan panel surya rakitan. (gwd/indigo)

 

BERITA TERKAIT:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Follow by Email
Facebook
Pinterest