Untung Besar, Citra Baru ‘Ciptakan’ Lampu Rakitan

PARIMO– Proyek pengadaan dan pemasangan lampu penerangan taman kompleks Sentra Industri Kecil dan Industri Menengah (SIKIM) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) terindikasi berbalut rasuah. Padahal, tanpa ‘menciptakan’ barang rakitan dan mark up harga sekali pun, pihak CV Citra Baru masih bisa meraup keuntungan besar senilai ratusan juta dari hajatan tersebut.

Sumber menyebut, pemilik CV Citra Baru, Rinto Harun CS merakit lampu-lampu penerang taman SIKIM itu di sebuah bengkel terletak di Kota Parigi. Diduga demi meraih untung besar, Rinto Harun melakukan pembelian item-item proyek lampu taman secara ‘eceran’, tanpa memperhatikan kualitas barang dibiayai oleh fulus daerah itu.

“Dirakit seadanya di sebuah bengkel. Sebenarnya jika pihak CV Citra Baru menggunakan 22 lampu LED kualitas bagus, seharga Rp4 juta per lampu, mereka (CV Citra Baru) masih dapat mengantongi keuntungan sebesar Rp100 juta lebih dari paket senilai Rp355 juta itu. Bayangkan saja berapa keuntungan yang ingin diraih oleh oknum-oknum itu, jika menggunakan lampu LED ‘abal-abal’ seharga Rp540 ribu per buah”, kata sumber, secara tertutup, kepada Koran Indigo, Kamis, (9/1).

Menurut sumber, sepengetahuan dirinya, Rinto Harun selaku bos CV Citra Baru, sudah pernah diperingatkan atas praktik-praktik yang dilakukannya pada proyek pemasangan lampu taman SIKIM itu.

“Rinto Harun itu sepengetahuan kami, sudah pernah diperingatkan atas cara-cara yang dia lakukan dalam proyek lampu taman, karena bakal menjadi temuan. Bahkan, ada rekan kerjanya yang memilih berhenti dan keluar dari Citra Baru, karena merasa takut dan khawatir atas apa yang dilakukan oleh Rinto Harun”, bebernya.

“11 Tiang lampu beserta 22 lampu LED plus panel surya dan kelengkapan lainnya yang saat ini ada di taman SIKIM itu, biaya dikeluarkan oleh pihak CV Citra Baru, hanya sekitar Rp5,5 juta per tiangnya. Itu sudah dengan ongkos lain-lain”, bebernya lagi.

Sebelumnya, media ini melansir soal sinyalemen gelembung harga (mark up) dan rekayasa barang pada proyek pengadaan dan pemasangan lampu penerangan taman SIKIM yang menggelontor via Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Parimo. Pihak CV Citra Baru selaku pemenang lelang disinyalir telah melakukan ‘tipu-tipu’ dalam proyek tersebut. (gwd/indigo)

 

 

BERITA TERKAIT:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Follow by Email
Facebook
Pinterest