4 Destinasi Wisata, 1 Milik Pribadi Bupati Parimo

PARIMO – Empat titik fokus program kawasan destinasi wisata Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) 2020, salah satu diantaranya ialah Pantai Mosing. Pantai Mosing masuk dalam kawasan wisata khatulistiwa di Desa Sinei, Kecamatan Tinombo Selatan. Menariknya, Pantai Mosing ternyata aset milik pribadi Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu.

Hal bahwa Pantai Mosing merupakan kepunyaan pribadi Samsurizal, diungkapkan Kepala Bidang pertanahan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Parigi Moutong, Saehudin.

Secara gamblang Saehudin membeber bahwa lahan seluas kurang lebih 1 hektare itu bukan lahan milik pemerintah daerah (Pemda) Parimo, namun merupakan milik pribadi Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu.

“Benar lahan pantai mosing merupakan milik pribadi pak Bupati Samsurizal, itu bukan lahan Pemda, luas lahannya kurang lebih 1 hektar”, kata Saehudin, seperti dikutip dari Beritaplano.

Bahkan, Saehudin, dengan bangga menyampaikan bahwa pihaknyalah yang mengambil Surat Keterangan Penguasaan Tanah (SKPT) lahan Pantai Mosing di kantor Desa Sinei.

“Saat ini SKPT itu sudah saya daftarkan ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Parigi Moutong, untuk diterbitkan sertifikatnya,” ujar Saehudin.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Prigi Moutong, Zulfinachri dikonfirmasi wartawan menyebut, berdasarkan dari Surat Keputusan (SK) Disporapar ditandatangani oleh Bupati Parimo, ada ratusan usulan destinasi wisata di Parimo, namun yang menjadi fokus program ada empat kawasan.

“Empat kawasan itu yakni, lokasi Eks Sail Tomini Kayubura di Desa Pangi, Kawasan wisata religi Alkhairat di Kelurahan Masigi, kawasan wisata manggrove di Desa Salumpengut Kecamatan Moutong dan terakhir kawasan wisata Khatulistiwa di Kecamatan Tinombo Selatan,” ujar Zulfinachri belum lama ini.
Khusus untuk Pantai Mosing, Zulfinachri mengatakan, pengelolaannya dilakukan dengan sistem keroyokan bersama beberapa desa.

“Sistem keroyokan itu, berdasarkan kesepakatan yang dibangun ada sebanyak sembilan Desa yang akan bersama-sama membangun dan mengembangkan kawasan wisata di Khatulistiwa, termasuk pantai mosing,” beber Zulfinaschri.

Lanjut Zulfinachri, karena dinasnya belum menganggarkan, maka saat ini kawasan Pantai Mosing masih dalam tahap penataan.
Namun untuk urusan pembangunan fasilitas di Pantai Mosing, seperti pembangunan dermaga, melekat pada anggaran dinas perhubungan.

(sumber: beritaplano.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Follow by Email
Facebook
Pinterest