Dampak Tambang Ilegal, Ini Harapan Warga Air Panas

PARIMO – Masyarakat sekitar tambang merasa terancam bias penambangan emas, dan berharap para pengelola dapat bertanggung jawab atas dampak ditimbulkan berupa pendangkalan sungai pada wilayah aktifitas tambang ilegal. Hal itu disampaikan oleh beberapa warga Desa Air Panas, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) kepada Koran Indigo, Jumat, (24/7).  (PENAMBANGAN TANPA IZIN DESA AIR PANAS I)

“Pengelola tambang ilegal harus bertanggungjawab atas pendangkalan, dan melakukan pembangunan talud disepanjang bantaran sungai di wilayah tinggal kami”, kata beberapa warga Desa Air Panas, yang demi keamanan, namanya dirahasiakan.

“Para juragan-juragan itu harus bertanggung jawab dengan sarana dan prasarana atas aktifitas ilegal yang mereka lakukan selama ini”, kata mereka lagi.

Para warga menyatakan, bahwa mereka sangat sepakat jika tambang tanpa izin di sekitar wilayah mereka (Desa Kayuboko dan Air Panas), segera ditutup. Namun, penutupan itu juga harus disertai dengan perbaikan-perbaikan yang diakibatkan oleh aktifitas ilegal tersebut.

(VIDEO PROTES WARGA DESA AIR PANAS TERHADAP TAMBANG ILEGAL I)

(VIDEO PROTES WARGA DESA AIR PANAS TERHADAP TAMBANG ILEGAL II)

“Kita semua sebagai korban sepakat bahwa tambang harus ditutup. Tapi jangan hanya ditutup bgtu saja. Para pengelola tambang ilegal harus bertanggung jawab atas perbuatan mereka, dan bersedia memperbaiki infrastruktur sungai yang sudah menjadi rusak saat ini”, kata para warga kampung 9, Desa Air Panas itu.

Sutikno

Sementara itu, Sutikno, juragan tambang ilegal yang beroperasi di wilayah Desa Air Panas, enggan melontar komentarnya. Sutikno justru langsung melakukan blokir aplikasi terhadap konfirmasi wartawan.

Sedangkan lingkaran Tambang Ilegal Kayuboko, belum dapat ditemui. Beberapa pekerja tambang mengatakan para pengelola lingkar tambang Kayuboko tengah ‘mengungsi’ ke Kota Palu karena ada buruh yang meregang nyawa akibat tertimbun material tambang baru-baru ini. (Ind)

 

BERITA TERKAIT:

Banjir, Tambang Ilegal Air Panas Masih Beraktifitas

Ada Upeti ‘Keamanan’ Tambang Liar Desa Air Panas

Sutikno Sebut Ada Lahan Pejabat di Tambang Liar

Kabid Dikdas Bantah Terlibat Tambang Liar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Follow by Email
Facebook
Pinterest