Banjir, Tambang Ilegal Air Panas Masih Beraktifitas

PARIMO – Di tengah ancaman banjir akibat tingginya curah hujan, tambang ilegal di Desa Air Panas, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) ternyata diam-diam masih beraktifitas.

“Tambang ilegal di Desa Kami (Air Panas), hingga saat ini masih jalan (beraktifitas). Kayaknya sedang kejar target. Padahal saat ini sedang musim hujan, dan ancaman banjir dimana-mana”, kata beberapa warga desa, Kamis, (23/7).

Hanya saja tambang di bawah kelola juragan tambang bernama Sutikno itu, menggunakan satu alat berat sewa kepunyaan pengusaha lokal, Dewa Satria.

“Hanya satu eksavataor yang nampak bekerja. Biasanya lebih dari satu alat digunakan di tambang itu. Mungkin untuk menghindari sorotan’, kata warga.

Warga juga mengeluhkan, ketidaksediaan para pengelola tambang dalam kepeduliannya terhadap imbas dari aktifitas ilegal tersebut.

“Parah pak, warga sekitar minta tolong agar alat berat yang ada di tambang ilegal dikelola Sutikno cs itu untuk mau sedikit membantu warga memperbaiki jalan yang rusak saja, mereka tak bersedia. Kasihan warga”, katanya.

Diketahui, selain tambang liar Kayuboko, tambang tanpa izin di Desa Air Panas juga telah beroperasi lebih dari tujuh bulan lamanya, pasca adanya penutupan tambang ilegal oleh aparat penegak hukum (APH) di Parigi Barat.

Sutikno, adalah orang berperan selaku juragan tambang ilegal di Desa Air Panas itu. Sutikno disebut juga berkoar menggelontorkan fulus ‘keamanan’ agar aktifitas ilegalnya tetap dapat berjalan. (Indigo)

 

BERITA TERKAIT:

Ada Upeti di Tambang Ilegal Air Panas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Follow by Email
Facebook
Pinterest