Soal Dugaan Ijazah Palsu Murtama, Ini kata Ketua Perindo

KETUA Partai Parimo, Yolanda Mambu membenarkan soal adanya pengambilan keterangan terkait ijazah Wayan Murtama oleh penyidik kepolisian kepada dirinya selaku ketua partai, pada medio 2019 lalu.

“Kami ada diambil keterangan terkait laporan pihak-pihak tertentu terkait keabsahan ijazah Wayan Murtama. Dua hari lamanya proses pengambilan keterangan itu”, katanya.

Menurut Yolanda, bergulirnya persoalan dugaan ijazah palsu menimpa Wayan Murtama merupakan persoalan sarat politik di internal Perindo.

Yolanda, selaku ketua Partai dimana Wayan Murtama bernaung, menyatakan pihaknya akan mengikuti proses hukum atas laporan itu.

“Kita akan mengikuti proses hukum atas laporan perkara dugaan ijazah palsu itu”.

Sebelumnya, media ini melansir soal pengambilan keterangan saksi terhadap KPU Parimo, terkait perkara dugaan ijazah palsu milik anggota legislatif asal Partai Perindo, Wayan Murtama.

Sekadar informasi diambil dari berbagai sumber, jika terbukti, maka polisi bakal menjerat Wayan Murtama dengan Pasal 263 dan pasal 264 KUHPidana sub pasal 266 KUHPidana dengan ancaman 6 tahun penjara.

Masalah ijazah palsu serta masalah ijazah Aspal (asli tapi palsu) merupakan tindak pidana yang dianggap memenuhi formulasi ketentuan pasal 263 KUHP dan pasal 264 KUHP,  tindakan administratif dimana merupakan kejahatan terhadap kepentingan umum, karena dapat menimbulkan suatu hak, maka kepada si pemalsu dan si pemakai maupun terhadap oknum-oknum  terlibat dalam pembuatan ijazah palsu itu dapat dituntut dengan pasal 263 KUHP maupun pasal 264 KUHP.

Masalah pemalsuan ijazah yaitu bagi mereka-mereka yang terlibat, sudah tahu sebelumnya akibat hukum yang akan terjadi kemudian, sehingga sudah barang tentu pertanggung jawaban baik secara psikis maupun batiniah harus dipikul oleh mereka karena secara langsung sudah dianggap bahwa mereka mampu bertanggung jawab.(Indigo)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Follow by Email
Facebook
Pinterest