Beranda Ragam Telegram: Terjemahan hingga Kode QR

Telegram: Terjemahan hingga Kode QR

0

KoranIndigo.com – Jelang akhir tahun 2021, Telegram merilis sederet fitur baru. Rincian fitur baru Telegram mencakup reaksi pesan, terjemahan, spoiler, hingga kode QR.

Fitur reaksi pesan memungkinkan pengguna Telegram dapat menanggapi pesan tertentu dengan emoji. Setiap reaksi ini akan muncul dengan animasi unik, mirip dengan DM Instagram atau Facebook Messenger.

Reaksi pesan Telegram berlaku hanya untuk percakapan pribadi. Sementara untuk chat di channel atau grup, fitur itu harus diaktifkan admin terlebih dulu.

Cara mengaktifkan reaksi pesan Telegram di Android bisa lewat Chat Settings lalu klik Quick Reaction. Sementara di iOS dilakukan dengan menu stickers and Emoji lalu Quick Reaction. Kemudian untuk admin bisa dilakukan lewat di Info Page di grup/channel > Edit > Reactions.

Di fitur terjemahan atau message translation, pengguna bisa memanfaatkannya untuk menerjemahkan pesan langsung dari aplikasi. Namun pesan yang mau diterjemahkan mesti sesuai dengan bahasa yang dipakai di pengaturan.

Fitur terjemahan ini sudah muncul untuk semua perangkat Android. Sementara untuk Telegram versi iOS, pengguna mesti memperbaruinya ke sistem operasi iOS 15.

Fitur ketiga Telegram adalah Spoiler. Ini memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan kata tertentu yang muncul dalam pesan.

Pesan tersembunyi ini juga berlaku di daftar chat atau notifikasi, sebagaimana diwartakan Indian Express, Jumat (31/12/2021).

Fitur terakhir adalah Themed QR Codes. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat kode QR untuk nama pengguna publik, grup, channel, hingga bot. Dengan ini, maka pengguna bisa menemukan akun lebih cepat.

Selain fitur baru, Telegram juga menambahkan tampilan menu baru khusus untuk macOS. Aplikasi perpesanan itu juga menambahkan beberapa emoji dengan animasi baru.

Suara.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here