Beranda Nasional 6 Keunggulan Mandalika Versi Simon Crafar

6 Keunggulan Mandalika Versi Simon Crafar

0

MANTAN pembalap MotoGP dan World Superbike (WSBK), Simon Crafar, menungkap keunggulan Sirkuit Mandalika yang menggelar tes MotoGP pada 11-13 Februari. Berikut 6 keunggulan Sirkuit Mandalika di pulau Lombok, NTB.

Sirkuit Mandalika bakal jadi salah satu tuan rumah seri MotoGP 2022 pada 18-20 Maret mendatang. Sebelum itu Sirkuit Mandalika menggelar tes resmi MotoGP pekan ini.

Sedangkan pada tahun lalu Sirkuit Mandalika sudah lebih dulu jadi tuan rumah seri balapan WSBK.

BERIKUT 6 KEUNGGULAN SIRKUIT MANDALIKA MENURUT CRAFAR:
1. Hanya Ada Dua Titik Pengereman Keras
Di sirkuit sepanjang 4,31 km tersebut, pembalap akan menaklukkan 17 tikungan yang terdiri dari 11 ke kanan dan enam sisanya mengarah ke kiri. Bagi Simon hal ini menjadi daya tarik pertama bagi siapapun yang menjajal karakter lintasan tersebut.

“Hanya ada dua titik hard braking: Tikungan 1 dan Tikungan 10,” kata Simon dikutip laman resmi MotoGP, Jumat (11/2).

2. Tipe Lintasan yang Menyenangkan Pembalap
Menurut pembalap yang aktif mengaspal medio 1990-an tersebut, Sirkuit Mandalika merupakan tipe lintasan yang menyenangkan bagi pembalap. Sebab para pengendara tidak perlu memacu tenaga sepeda motor terlalu tinggi untuk mencapai kecepatan yang diinginkan.

“Ini adalah sirkuit yang sangat mengalir, bukan tergantung pada horsepower. Meski horsepower sangat membantu tentunya,” ujar dia.

3. Menantang Pembalap Hingga Lima Kali dalam Satu Lap
Simon berpendapat Sirkuit Mandalika bakal menantang nyali pembalap hingga lima kali dalam satu lap. Menurutnya hal ini akan menarik untuk gelaran lomba.

“Sirkuit ini memiliki empat hingga lima titik yang butuh keberanian besar, sangat cepat dengan tikungan yang muncul di awal,” ucapnya.

Simon Crafar

4. Sudut Kemiringan Tinggi Menguji Kemampuan Pembalap
Simon yang sempat menunggangi Kawasaki dan Honda di WSBK dan Grand Prix melihat beberapa tikungan di trek dengan sudut kemiringan tinggi. Ia mengakui hal ini berpotensi insiden, namun dengan begitu kemampuan pembalap bisa teruji.

“Ada tikungan yang memaksa pengendara untuk mengerem keras pada sudut kemiringan yang besar atau menarik gas dengan kencang pada sudut kemiringan yang juga tinggi,” ucapnya.

5. Keamanan Sirkuit Terjamin
Meski terdengar menantang, Simon memastikan aspek keamanan Sirkuit Mandalika sangat terjaga. Ini berkat kehadiran gravel yang lebar dan kerikil di sisi lintasan.

“Sirkuit memiliki run-off yang besar dengan jebakan kerikil. Ini merupakan sinyal positif!” katanya.

6. Keunggulan Mandalika Sebanding dengan Dua Sirkuit Berkelas Dunia
Ia berpendapat, Sirkuit Mandalika memiliki kualitas yang setara dengan dua trek lain yang pernah ia jajal, yaitu Ascari Chicane dan Hockenheim.

“Ada beberapa perbedaan yang cepat menurut saya fantastis. Ini seperti Ascari Chicane di Monza atau Hockenheim tipe lama. Tim harus bekerja keras pada sepeda motor dan mereka memerhatikan hal itu,” katanya. (ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here