Beranda Nasional Tiga Besar di Survei, Polri Makin Dipercaya

Tiga Besar di Survei, Polri Makin Dipercaya

0

Ketegasan Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo mendapat apresiasi dari publik. Dari survei Indikator Politik Indonesia, kepercayaan publik kepada Polri berada di peringkat ketiga setelah presiden dan TNI.

“Kepercayaan masyarakat terhadap instansi negara, Polri menempati urutan ketiga dengan 74 persen, berada di belakang TNI 92 persen dan Presiden 82 persen,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, seperti dilansir RMOL, Minggu (9/2).

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Temuan ini didapat Indikator usai menggelar survei bertajuk “Pemulihan Ekonomi Pasca Covid, Pandemic Fatigue, dan Dinamika Elektoral Jelang Pemilu 2024”.

Burhanuddin mencatat, mayoritas masyarakat menilai kepolisian telah melakukan tindakan tegas terhadap penyimpangan yang dilakukan anggotanya. Persentase yang tercatat mencapai 56,6 persen.

“Dibanding setahun lalu, ketegasan kepolisian dalam menindak anggotanya yang melakukan penyimpangan dinilai juga semakin baik. Ada 51 persen warga menyatakan hal tersebut,” jelas Burhanuddin.

Pada temuan lain, diketahui masyarakat yang pernah mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM) di kepolisian, mayoritasnya menyatakan cukup dan sangat puas dengan persentase 77,4 persen.

“Dari hasil survei, kami juga mendapat 44,9 persen masyarakat mengetahui tentang tilang elektronik. Di antara yang tahu, sekitar 3,4 persen pernah mengalami tilang elektronik. Dari persentase tersebut, 77,6 persen menilai puas,” ujar Burhanuddin.

Berkenaan dengan hasil survei ini, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai ada dua hal yang bisa dilihat. Pertama, terjadi dampak regenerasi dari kepemimpinan Listyo Sigit pada perbaikan dan peningkatan kepercayaan publik.

“Hal tersebut menguntungkan reputasi kepolisian secara institusi. Ini harapan yang bagus, bahwa masa depan Polri semakin baik dan kembali dekat dengan publik,” kata Dedi.

Kedua, menurut Dedi, ada kepercayaan publik yang berhasil didapatkan secara personal oleh kepemimpinan Listyo Sigit. Ini terlihat dari banyak giat kepolisian yang berdampak positif, sehingga memengaruhi persepsi publik. (ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here