Beranda Ragam Cek Sumber Video Mirip Nagita

Cek Sumber Video Mirip Nagita

0

BELAKANGAN beredar di media sosial video asusila berdurasi 61 detik, yang menampilkan wanita disebut mirip Nagita Slavina. Ada beberapa cara untuk cek sumber video tersebut. Tersebarnya video mirip Nagita itu berujung pada laporan polisi. Kongres Pemuda Indonesia (KPI) telah melaporkan penyebar video itu ke Polres Metro Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Meskipun disebut mirip, Polisi memastikan video berdurasi 61 detik itu adalah palsu atau hasil rekayasa.
“Hasil koordinasi dengan Siber Polda Metro Jaya video itu fake alias palsu, hasil editing,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Wisnu Wardhana saat dikonfirmasi wartawan, seperti dilansir cnnindonesia.com, Senin (17/1).

Namun, untuk mengetahui apakah video itu benar baru terjadi atau video lama, perlu ditelusuri kapan video tersebut pertama kali tersebar di internet. Pendiri Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, membagikan sederet cara untuk mengecek foto dan video yang tengah viral tersebut.

Pengecekan sumber awal video bisa dilakukan melalui desktop maupun dari smartphone.

“Misal anda dapat video viral sepertidi bawah ini. Bagaimana anda tahu itu video baru, atau video lama?” tulisnya.

Lewat cara ini masyarakat bisa mengecek kapan video viral itu pertama kali muncul di internet. Sehingga, pengguna tak mudah termakan hoaks.

“Dengan cara ini, anda bisa cek sendiri kalau ada yang ngeshare video-video apakah itu hoaks, disinformasi, atau asli (benar). Selamat, anda jadi orang yang tak mudah dibohongi oleh hoaks,” jelasnya.

Berikut dua cara untuk mengecek sumber awal video viral di media sosial dan pesan instan lewat aplikasi.

CARA CEK KEBENARAN VIDEO 61 DETIK NAGITA SLAVINA LEWAT APLIKASI:

  • Screenshot konten video,

Namun, tak usah screenshot apabila konten berbentuk foto.

  • Download aplikasi ‘Search by Image’

Upload file screenshot.

  • Pilih ikon Search, kemudian tunggu hasilnya.
  • Cari dari hasil pencarian.

Pencarian bisa tersedia dari Google, Yandex, dan Bing. Kemudian Anda bisa cari apakah ada sumber video dari ketiga peramban itu.

  • Cek tanggal video

Apabila tanggal video yang Anda cek berbeda jauh dengan video yang Anda temukan di aplikasi, tapi malah baru viral sekarang, maka dipastikan video itu hoaks.

Terkait video syur, apabila video yang Anda cek ternyata telah ketahuan siapa orang dalam video itu, maka video itu juga dapat dipastikan hoaks.

“Buka video kemudian cek apakah sama. Lihat sumber dan tanggalnya. Kemudian sebarkan temuan Anda,” kata Fahmi.

CARA CEK VIDEO 61 DETIK NAGITA SLAVINA LEWAT DESKTOP

  • Screenshot apabila konten berisi video

Anda harus screenshot jika konten itu berisi video. Namun Anda tak perlu lagi melakukan screenshot apabila konten berisi foto.

  • “Pilih frame yang cukup unik dari video target,

Lalu screenshot, simpan di file. Misal ada frame orang bawa payung, atau ada tiang bendera di tengah kerumunan. Semakin unik, semakin baik,” kata Ismail.

  • Buka situs Yandex.com kemudian ke ‘Images’

Upload file foto atau screenshot video, klik ikon kamera kemudian pilih ‘Select a File’. Pilih file foto atau screenshot video.

  • Pilih Similiar Images
  • Cek Sumber Asli

“Yandex akan menampilkan sumber dari frame gambar yang Anda upload. Contohnya, untuk frame yang saya upload tadi, ketemu sumber di Instagram. Klik sumber tersebut, lalu periksa apakah videonya sama dengan yang video yang Anda cek,” tutur Fahmi.

  • Cek Fakta

Anda bisa merangkum dan membagikan temuan pengecekan yang sudah dilakukan. Dengan cara ini Anda bisa memeriksa keaslian konten itu, apakah hoaks, disinformasi, atau sesuai fakta.

Itulah sederet cara untuk mengecek kebenaran video berdurasi 61 detik yang disebut mirip Nagita Slavina. Dengan demikian, masyarakat tak mudah termakan hoaks yang kerap seliweran di media sosial. (ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here