Beranda Uncategorized 10 Daftar Masjid Terbesar di Dunia

10 Daftar Masjid Terbesar di Dunia

0
Masjid menjadi bangunan penting bagi umat Islam. Tak heran jika ada beberapa masjid terbesar di dunia yang memiliki nilai sejarah tersendiri. Berikut daftarnya.

Masjid menjadi tempat penting bagi umat Islam. Bangunan ini bisa kita jumpai dimana saja. Bahkan ada beberapa masjid terbesar di dunia. Masjid-masjid tersebut tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah namun juga digunakan sebagai destinasi wisata.
Sebab bangunan tersebut biasanya memiliki arsitektur yang unik dengan warna yang menarik. Apa saja masjid tersebar di dunia? Mengutip dari IDN Times berikut daftarnya.


10 Masjid Terbesar di Dunia
1. Masjid Al-Haram, Makkah
asjid Al-Haram atau Masjidil Haram menajdi tempat ibadah yang bersejarah bagi umat muslim. Masjid ini sudah dibangun sebelum 622 M. Letak masjid ini ada di Makkah, Arah Saudi.
Secara keseluruhan luas masjid ini sekitar 4.008.020 m2 dan bisa menampung jamaah hingga 820.000 saat musim haji dan akan bertambah saat Sholat Idul Fitri. Masjid ini termasuk tempat suci bagi umat Islam karena di sana ada Ka’bah yang menjdi pusat kiblat agama Islam.

2. Masjid Nabawi, Madinah
Masjid terbesar di dunia selanjutnya yaitu Masjid Nabawi yang ada di Madinah, Arab Saudi. Masjid ini berdiri pada tahun 634 M. Luas masjid ini secara keseluruhan sekitar 400.000 m2.
Masjid ini bisa menampung jamaah sekitar 600.000 orang dan akan bertambah menjadi 1.000.000 jamaah saat musim hari.
Sama halnya dengan Masjid Al-Haram, Masjid Nabawi merupakan tempat ibadah yang bersejarah bagi umat Islam. Sebab Madinah menjadi salah satu kota yang disinggahi Nabi Muhammad untuk berdakwah.

3. Masjid Imam Reza, Iran
Masjid Imam Reza terletak di wilayah Mashhad, Iran. Masjid ini sudah berdiri sejak 1501 dan memiliki luas sekitar 267.079 m2 dan bisa menampung 700.000 jamaah. Masjid ini memiliki kubah berwarna toska dan emas yang memiliki daya tarik tersendiri.
Selain digunakan untuk tempat ibadah, masjid ini juga dijadikan tempat untuk belajar dan menyebarkan ilmu.

4. Masjid Faisal, Pakistan
Masjid terbesar di dunia berikutnya yaitu Masjid Faisal. Masjid ini berada di sisi utara kota dengan latar belakang bukit Margella. Tempat tersebut merupakan kaki paling selatan Pegunungan Himalaya yang ada di Pakistan.
Bangunan ini memiliki luas 74.000 m2 dan bisa menampung jamaah sebanyak 300.000 orang. Kubah masjid ini cukup unik karena bentuknya segitiga lancip sehingga mirip dengan tenda Suku Badui yang tinggal di gurun pasir Jazirah Arab.

5. Masjid Istiqlal, Jakarta
Masjid Istiqlal yang ada di Jakarta ternyata termasuk masjid paling besar di dunia sekaligus masjid terbesar di Indonesia. Tak hanya besar, Masjid Istiqlal ini juga sangat mewah dan indah. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Soekarno dan direalisasikan oleh arsitek Frederich Silaban.

Pembangunan masjid ini sudah dilakukan sejak 24 Agustus 1951. Masjid ini dibangun menggunakan gaya modern dengan lantai dan dinding yang dilapisi marmer.
Di masjid ini Anda bisa melihat menara dengan ketinggian lebih dari 96 meter. Sebagai masjid terbesar, masjid ini dapat menampung sekitar 200 ribu orang.

6. Masjid Hassan II, Maroko
Masjid Hasan II merupakan masjid terbesar di dunia yang ada di Casablanca, Maroko. Masjid ini memiliki luas bangunan mencapai 90.000 m2 dan bisa menampung sekitar 100.000 jamaah.
Masjid ini dibangun dekat Samudra Atlentik sehingga membuatnya seperti berada di tengah laut. Dari hal ini membuat banyak orang menyebut masjid ini sebagai “Singgasana Tuhan di Atas Air” atau “Masjid Terapung Terbesar di Dunia”.

7. Masjid Badshahi, Pakistan
Urutan masjid terbesar di dunia selanjutnya yaitu Masjid Badshashi di Lahore, Pakistan. Masjid ini dibangun pada tahun 1673. Masjid ini memiliki luas sekitar 298.672 m2 dan memiliki kapasitas sekitar 300.000 orang. Masjid ini sudah dibangun pada masa pemerintahan Raja Mughal ke-6 bernama Raja Aurangzeb Alamgair.

8. Masjid Jama’, India
Majid Jama’ ini dibangun pada tahun 1656. Letaknya ada di daerah Delhi Tua, India. Masjid ini memiliki luas 145.000 m2 dan berkapasitas sekitar 85.000 orang. Masjid ini dibangun pada dinasti Mughal tepatnya saat kekaisaran Shah Jahan.

9. Masjid Agung Sheikh Zayed, Abu Dhabi
Masjid ini berdiri pada tahun 1996 di Kota Abu Dhabi yang merupakan ibu kota Kerjaan Uni Emirat Arab. Luas masjid ini sekitar 22.412 m2 dengan kapasitas sekitar 40.960 orang. Nama masjid ini diambil dari pemerintahan pertama Uni Emirat Arab yaitu Zayed bin Sultan Al Nahyan.
Masjid ini memiliki 82 kubah dengan lampu gantung terbuat dari emas 24 karat. Tak hanya itu, karpet masjid ini juga terbuat dari rajutan tangan terbesar di dunia.

10. Masjid Baitul Mukarram, Bangladesh
Masjid ini terletak di pusat Dhaka, ibu kota Bangladesh. Masjid Baitul Mukarram dibangun pada tahun 1960 dengan luas secara keseluruhan 40.000 m2 dengan kapasitas sekitar 40.000 orang. Masjid ini juga termasuk yang paling besari di Bangladesh. Masjid ini berbentuk kubus yang menggambarkan pengaruh bentuk Ka’bah di Makkah.

Sekitar Masjid Baitul Mukarram ada juga tenda dengan warna beragam yang menjadi tempat orang berjualan. Itulah 10 masjid terbesar di dunia yang bisa menjadi destinasi wisata. Selain megah dan besar, masjid tersebut juga memiliki nilai sejarah masing-masing yang semakin memperkaya sejarah kebudayaan Islam dunia. (ind)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here