Beranda Daerah Kakanwil Kemenkumham Sulteng Penuhi Hak Anak LPKA Palu

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Penuhi Hak Anak LPKA Palu

0

KEPALA Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng) Lilik Sujandi, bagi-bagi Masker dan suplemen vitamin di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu.

Aksi peduli tersebut dilakukan menyusul meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di masyarakat pada sepekan terakhir. Bahkan, Pemerintah Kota Palu nampak menerapkan kembali Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Hari ini, kita membagikan masker dan suplemen vitamin kepada anak-anak kami semua. Tadi pagi tercatat ada satu orang anak menjalani isolasi di kamar hunian, karena terindikasi positif Covid-19″, kata Lilik Sujandi, Jum’at (18/02).

Lilik Sujandi yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Pengentasan Anak, Irpan, menyatakan pihaknya telah memerintahkan Kepala LPKA Kelas II Palu bersama tim kesehatan yang ada, agar terus memberikan perhatian serius serta melakukan koordinasi dengan Puskesmas atau layanan kesehatan terdekat.

“Saya telah perintahkan langsung Kepala LPKA Palu bersama tim kesehatan agar terus memberikan perhatian serius, dan berkoordinasi dengan Puskesmas atau layanan kesehatan terdekat. Hal tersebut dilakukan agar jumlah Anak didik pemasyarakatan (Andikpas) yang terpapar tidak bertambah, dan anak-anak kami bisa dapat sehat kembali”, katanya.

Lebih lanjut, kepada seluruh Andikpas Lilik Sujandi berpesan agar bisa terus menjaga kesehatan dan selalu taat pada protokol kesehatan.

Kakanwil juga berharap agar Andikpas dapat bersikap terbuka, dan langsung melapor kepada petugas kesehatan yang telah tersedia, jika ada yang merasa sakit.

“Saya ingin kita dapat berekreasi ke museum atau nonton bersama lagi. Tentu jika anak-anaku sekalian tidak menjaga kesehatan, maka semua itu tidak akan terlaksana. Pada masa Pandemi ini, kita semua harus taat protokol kesehatan, jika ada yang sedang merasa sakit, maka segera sampaikan keluhannya kepada petugas”, tutur orang nomor satu di Kanwil Kemenkumham Sulteng itu kepada para Andikpas.

Sementara itu, Kabid Pembinaan dan Pengentasan Anak, Irpan menyampaikan kepada Andikpas yang sedang sakit, agar tetap semangat dalam melawan virus Covid-19. Irpan juga berpesan agar anak-anak bisa dapat membiasakan diri hidup sehat lebih dari biasanya.

“Bagi anakku yang sedang terpapar, lawanlah virus itu dengan keyakinan dan keberanian tinggi. Lawan virus-virus itu dengan membiasakan hidup sehat lebih baik lagi. Anak-anaku tidak perlu merasa sendiri, tentu akan ada petugas yang akan selalu mendampingi”, kata Irpan, memberi semangat.

Dalam kunjungan, Kepala LPKA Kelas II Palu, Revanda Bangun nampak terharu dan menyampaikan rasa terima kasih mendalam atas perhatian serta kepedulian Kakanwil Kemenkumham Sulteng, yang senantiasa bersedia membimbing LPKA Palu, guna mendukung tumbuh kembang setiap anak.

“Kami sangat terharu melihat kepedulian Bapak Kakanwil kepada kami dan anak-anak kami. Tidak henti-hentinya kami dibimbing agar terus penuhi hak setiap anak. Semoga tujuan kita menciptakan anak bangsa yang berguna dan bernilai untuk masyarakat dapat terus kita penuhi”, kata Revanda Bangun.

Untuk diketahui, kunjungan tersebut merupakan sebuah kebijakan serta bentuk kepedulian serta perhatian Kakanwil Kemenkumham Sulteng bersama Kepala LPKA Palu, serta segenap jajarannya terhadap kesehatan bagi setiap Andikpas di tengah merebaknya virus varian baru yang saat ini tengah meningkat.

Pada akhir kegiatan kunjungan, Kakanwil Kemenkumham Sulteng Lilik Sujandi didampingi Kepala LPKA Kelas II Palu Revanda Bangun, juga berkesempatan meninjau lahan perencanaan pembangunan beberapa fasilitas diperuntukkan bagi Andikpas.

Pada lahan tersebut, akan dibangun ruang belajar, ruang kesenian serta ruang ibadah untuk menunjang proses pembinaan dan pembimbingan Andikpas.

“Secepatnya dilakukan proses pembangunan ruang penunjang pembinaan kepada anak kita. Sehingga tujuan kita bersama dapat lebih maksimal. Di sisi lain, penunjang keamanan harus senantiasa dibenahi dan dilengkapi. Jika kantor aman, proses pembinaan kita pun akan terus berjalan”, kata Lilik Sujandi. (Humas LPKA Kelas II Palu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here