Beranda Daerah Hari ini, Jokowi Lantik Andi Sudirman Jadi Gubernur Sulsel

Hari ini, Jokowi Lantik Andi Sudirman Jadi Gubernur Sulsel

0
Andi Sudirman Sulaiman. (foto:tebaran.com)

JOKOWI akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Sisa Masa Jabatan Tahun 2022-2023 bersama dua pejabat Otoritas Ibu Kota Negara (IKN) pada hari ini.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan melantik tiga pejabat pada hari ini. Salah satunya, yakni Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan Sisa Masa Jabatan Tahun 2022-2023.

“Kamis sore pukul 15.00 WIB di Istana Negara, Presiden akan melantik Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulawesi Selatan,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Jakarta, seperti dilansir katadata.co.id, Kamis (10/3).

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga akan melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.
Heru menjelaskan, acara pelantikan ketiga pejabat negara tersebut akan disiarkan secara langsung oleh Sekretariat Presiden. Acara akan didahului dengan prosesi pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan.

“Akan disiarkan secara live streaming oleh akun YouTube Sekretariat Presiden mulai pukul 14.45 WIB,” ujar Heru.

Andi saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan. Ia menggantikan posisi Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah yang terjerat kasus korupsi. Ia akan menjadi gubernur termuda lantaran masih berusia 38 tahun.

Menurut laman resmi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Andi lahir di Kabupaten Bone, 25 September 1983. Ia merupakan kalangan nonpartai politik yang berprofesi sebagai insinyur.

Adik dari mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ini menempuh pendidikan sarjana pada Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Pada awal masa kariernya, Andi bergabung dengan perusahaan multinasional penyedia jasa pertambangan PT Thiess Contractors Indonesia pada 2005-2008.

Pada 2008-2009, Andi bekerja di PT Petrosea Tbk sebagai Senior Project Controls Engineer. Selanjutnya, ia berkarier di PT Marine Engineering Services pada 2009-2014. Ia juga sempat bekerja di PT Offshore Services Indonesia pada 2013-2017.

Kemudian, ia mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pada Pilkada 2018. Saat itu, Andi berpasangan dengan Nurdin Abdullah sebagai calon Gubernur Sulawesi Selatan.

Pejabat yang dilantik berikutnya, yakni Bambang Susantono saat ini menjabat sebagai Wakil Presiden Manajemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan Asian Development Bank (ADB).

Dia bertanggung jawab atas pengelolaan Departemen Pembangunan Berkelanjutan dan Perubahan Iklim serta Departemen Riset Ekonomi dan Kerja Sama Regional. Meski demikian, ia bukan orang baru di pemerintahan.

Bambang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. Selanjutnya, Dhony Rahajoe saat ini menjabat sebagai Managing Director President Office Sinar Mas Land.

Pada masa baktinya, ia sempat memeproleh penghargaan Top Leader on CSR Commitment pada 2017 lalu. Dalam beberapa kesempatan, Jokowi sempat bertemu dengan Donny Rahajoe. Pada Desember 2021 lalu, Presiden sempat berkunjung ke kawasan Green Office Park BSD City terkait rencana peemrintah dalam proyek IKN Kalimantan Timur. (ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here