Beranda Daerah Profil Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Termuda

Profil Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Termuda

0

PELANTIKAN Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman akan berlangsung di Istana Negara pada Kamis (10/3) . Andi Sudirman nantinya akan menjadi gubernur termuda di Indonesia.

Melansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman lahir di Kabupaten Bone pada 25 September 1983. Bila dilantik besok 10 Maret, Sudirman akan menjadi gubernur termuda saat ini di Indonesia dengan usia 38 tahun!

Namun Sudirman bukanlah gubernur termuda yang pernah dilantik. Sebelumnya, gubernur Lampung Ridho Ficardo tercatat menjadi gubernur termuda karena dilantik usia 33 tahun pada 2014 silam.

Andi Sudirman diketahui merupakan adik dari mantan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Selain itu, Sudirman juga punya kakak yang menjabat Kepala Bapenda Sulsel, Andi Sumardi Sulaiman.

Seperti diketahui, pada rapat paripurna DPRD Sulsel, Senin (24/1) lalu, Nurdin Abdullah resmi diberhentikan dari Gubernur Sulsel.

Semua fraksi menyetujui surat Presiden Jokowi soal pemberhentian Nurdin Abdullah yang kini menjalani hukuman karena terseret kasus korupsi proyek infrastruktur di Sulsel.

Wakilnya, Andi Sudirman Sulaiman kemudian menjadi Plt Gubernur. Sehingga posisi wagub kosong. Pengisian kekosongan wagub sempat gaduh.

BERITA TERKAIT:
Hari ini, Jokowi Lantik Andi Sudirman Jadi Gubernur Sulsel

Pasalnya untuk mengisi kekosongan jabatan wagub bisa dilakukan bila sisa masa jabatan gubernur definitif lebih dari 18 bulan. Aturannya ada dalam Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 (UU Pilkada) terkait pengisian jabatan wakil kepala daerah yang kosong.

Kemendagri sebelumnya sudah menyampaikan ke DPRD Sulsel bahwa batas pengisian jabatan wagub Sulsel hanya sampai 5 Maret nanti, dengan catatan Andi Sudirman sudah dilantik menjadi gubernur Sulsel definitif.

Namun hingga batas 5 Maret, pelantikan gubernur Sulsel tak kunjung digelar Istana.

Andi Sudirman diketahui maju bertarung dalam pemilihan gubernur (pilgub) Sulsel 2018. Dia mendampingi Nurdin Abdullah dan pasangan ini, Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NAA-ASS) atau Prof Andalan memenangkan pilgub.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here