Beranda Daerah Peringatan BMKG, Badai La Nina di Sulteng Hingga Akhir Maret

Peringatan BMKG, Badai La Nina di Sulteng Hingga Akhir Maret

0

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara SIS Aldjufri Palu, mengingatkan fenomena Badai La Nina masih akan terus berlangsung hingga akhir Maret 2022

“Memang ini sisa-sisanya saja, hujan ini akan menuju ke kondisi normal makanya pancaroba ini kami prediksi sampai akhir bulan Maret nanti,” kata Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Palu, Nur Alim, seperti dilansir suara.com, Sabtu (12/3).

Ia menjelaskan kondisi seperti saat ini lumrah terjadi saat cuaca mulai normal usai Badai La Nina.

“Intensitas hujan yang tinggi disertai angin kencang, serta petir biasanya masih akan berlangsung hingga tiga pekan berturut-turut setelah Badai La Nina,” ujarnya.

Sebab, katanya, durasi hujan lebat yang cukup lama, akan memberikan pengaruh buruk karena sewaktu-waktu dapat turun bersamaan ke pemukiman-pemukiman warga yang ada di bawah tebing.

BERITA TERKAIT:
Cuaca Ekstrim, Ini Wilayah Diimbau Waspada
Wilayah Terdampak Cuaca Ekstrem 17-22 Februari

“Mudah-mudahan saja hujan ini tidak berturut-turut karena kalau sampai seperti itu cukup mengkhawatirkan, dan yang perlu dipantau lebih masif adalah jangan sampai sungai yang sudah dikeruk itu terjadi pendangkalan lagi,” katanya.

Sementara terhadap nelayan, BMKG mengimbau untuk tidak melaut selepas pukul 14.00 Wita hingga malam hari.

Sebab tinggi gelombang diperkirakan akan mencapai 1,5 meter.
Berdasarkan catatan BMKG, kata Nur Alim, La Nina sebelumnya telah memberikan dampak kerugian bagi masyarakat seperti petani garam di Talise, hingga 40 persen dari kondisi normal. (ind)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here