Beranda Daerah Pokdakan Mina Bulava DKS Terus Kembangkan Budidaya Nila

Pokdakan Mina Bulava DKS Terus Kembangkan Budidaya Nila

0
Legislator Partai Perindo Marselinus Pasapan bersama Ketua Pokdakan Pokdakan Mina Bulava DKS, Jackson Pinatik.

PALU, KORANINDIGO.COM – Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Bulava Damai Kaili Semesta (DKS) mengadakan panen ikan jenis ikan Nila bersama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu, Marselinus Pasapan. Marselinus berharap Mina Bulava DKS dapat menjadi percontohan bagi sektor budidaya ikan di Sulawesi Tengah (Sulteng).

Untuk diketahui, Pokdakan Mina Bulava DKS merupakan kelompok budidaya ikan saat ini telah berkembang ke pengolahan dan pemasaran hasil perikanan di Kabupaten Sigi Biromaru dan Kota Palu. Pokdakan Mina Bulava DKS, dalam prosesnya melakukan pembenihan dan pembesaran ikan secara mandiri.

Ketua kelompok Pokdakan Mina Bulava Jackson Pinatik memaparkan, bahwa saat ini Mina Bulava DKS berupaya menyediakan ikan nila (baik itu benih maupun nila siap konsumsi) yang layak dan berkualitas, dengan menerapkan sistem budidaya ikan yang baik.

“Kami sangat menjaga kualitas benih ikan kami. Menjaga kualitas, merupakan salahsatu faktor utama keberhasilan pembudidaya ikan”, kata Jackson kepada koranindigo.com.

Menurut Jackson, saat ini Mina Bulava DKS bahkan telah sukses menyalurkan benih ikan kepada beberapa kelompok dan pembudidaya ikan secara mandiri, khususnya pembudidaya ikan di Kota Palu menggunakan sistem budidaya bioflok.

Bioflok sendiri merupakan teknologi budidaya ikan melalui rekayasa lingkungan yang mengandalkan pasokan oksigen dan pemanfaat mikroorganisme secara langsung dapat meningkatkan nilai kecernaan pakan.

“Saat ini Mina Bulava DKS telah berhasil menyalurkan benih ikan kepada mitra terdiri dari beberapa kelompok dan pembudidaya ikan secara mandiri, khususnya para pembudidaya dengan sistem bioflok”, tuturnya.

Maka dari itu Jackson berharap pihak-pihak terkait dapat terus membantu dan bersinergi membangun sektor perikanan, khususnya pengembangan budidaya ikan di Sulteng.


Sementara itu, anggota legislatif (anleg) Marselinus Pasapan kepada wartawan menyatakan bahwa kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti Mina Bulava DKS perlu terus didorong dan diberi peluang melakukan pengembangan secara serius.

Sebab, kata Marselinus Pasapan peningkatan perekonomian rakyat merupakan salahsatu unsur penting dalam pembangunan ekonomi negeri.

” Hal pemberdayaan masyarakat seperti ini harus kita dukung dan dorong agar dapat menjadi tiang penyangga ekonomi ke arah semakin baik. Pemberdayaan seperti ini mempunyai posisi strategis dalam pengembangan ekonomi masyarakat”, katanya.

Politisi dari Partai Perindo ini menambahkan pengembangkan budidaya ikan air tawar juga merupakan salahsatu bagian dalam rangka memperkuat ketersediaan pangan di Kota Palu.

Marselinus Pasapan berharap Pokdakan Mina Bulava DKS dapat terus berkembang dan dapat menjadi pilot project atau percontohan yang baik untuk bagi pembudidaya-pembudidaya ikan lainnya.

“Saya berharap pemberdayaan dilakukan Mina Bulava DKS dapat terus berkembang dan dapat menjadi percontohan bagi yang lain”, kata Marselinus Pasapan, legislator Partai Perindo yang dikenal dengan program membangun kolam-kolam bioflok budidaya ikan nila di Kota Palu itu. Handri-Indigo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here