Beranda Tekno Mengapa Isi Bahan Bakar Harus Full Tank?

Mengapa Isi Bahan Bakar Harus Full Tank?

0

PEMILIK mobil disarankan menghindari tangki bahan bakar sering kosong. Sebaiknya segera isi bensin tanpa harus menunggu jarum indikator pada panel meter menunjuk ke garis merah.

Langkah ini disebut sebagai salah satu upaya dalam menjaga performa kendaraan bermotor. Isi bensin selalu full tank juga ada manfaatnya, berikut ulasannya.

Mencegah tangki berembun
Alasan utama kita harus mengisi tangki bahan bakar hingga penuh adalah agar tidak timbul embun pada tangki. Karena kalau tangki dibiarkan kosong dalam waktu tertentu, pasti akan diisi dengan udara. Inilah yang kemudian berubah menjadi embun.

Embun kemudian akan berubah menjadi air. Air dari embun inilah yang bisa membahayakan bahan bakar dan mesin mobil.

Embun yang menjadi air di tangki tentu perlahan akan menetes di tangki. Air kemudian bercampur dengan bahan bakar. Akibatnya kualitas bahan bakar menurun sehingga mempengaruhi proses pembakaran bila terisap ke ruang bakar.

Mencegah karat dan menurunkan performa
Selain itu, air pada tangki bahan bakar bisa menimbulkan karat. Apalagi kalau Anda menggunakan mobil tua. Karat sangat rentan terbentuk.

Kalau karat sampai tercampur dengan bahan bakar, maka ini bisa menyumbat karburator. Serpihannya juga bisa menyumbat sistem injeksi mobil.

Kalau serpihan karat sudah menyumbat, maka aliran bahan bakar jadi tidak lancar ke mesin pembakaran. Kalau sudah begini, hasilnya sama, mesin bisa tersendat-sendat dan bahkan tidak mau hidup sama sekali.

Selain itu pilih juga bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan mesin. Pemilihan bahan bakar ini bisa dengan menyesuaikan rasio kompresi mesin. (IND)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here