DAERAH  

SKIPM Palu Canangkan Zona Integritas Birokrasi Bersih dan Bebas Korupsi

banner 325x300

KORANINDIGO.COM,PALU – Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Palu menandatangani komitmen pencanangan pembangunan Zona Integritas (ZI),guna mencapai Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Komitmen ini dinyatakan SKIPM Palu Senin (30/01/2023) di Hotel Santika Palu bersama Wali Kota Palu yang di wakili Dr.Reny A.Lamadjido Sp.PK., M.Kes Wakil Wali Kota Palu, Kepala Ombudsman Sulteng, juga Sekretaris Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ir. Hari Maryadi, M.Si

Kepala SKIPM Palu Hamza S.Pi M.si menjelaskan pencanagan ini sangat penting sebagai komitmen dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan bebas korupsi, Dengan pencanangan zona integritas dan segala upaya bersama agar dapat meraih prestasi dalam wilayah bebas dari korupsi dan birokasi bersih melayani, Ia berharap adanya budaya kerja yang baik menjunjung transparasi serta akuntabilitas maupun menghindari praktek-praktek korup. Komitmen ini sebagai upaya untuk meraih WBK dan WBBM agar SKIPM memiliki tata kelola pelayanan yang baik.

Kepala Ombudsman RI perwakilan Sulawesi Tengah Moh.Iqbal andi magga S.H., M.H mengatakan ZI ini dimaksudkan untuk peningkatan pelayanan publik dan upaya pencegahan korupsi.

Pada Perpres 54 tahun 2018 tentang strategi nasional pencegahan korupsi, terdapat tiga sektor prioritas pencegahan korupsi yaitu perizinan dan perniagaan; keuangan negara; penegakan hukum dan reformasi birokrasi, Pembangunan ZI dianggap sebagai acuan pembangunan reformasi birokrasi untuk mencegah korupsi.

Selain itu juga ditegaskan pentingnya pembangunan ZI ini yaitu dengan enam area perubahan yakni manajemen perubahan; penataan tata laksanaan; penataan sistem manajemen aparatur; penguatan akuntabilitas; penguatan pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Foto : Wakil Wali Kota Palu Dr.Reny A.Lamadjido Sp.PK., M.Kes Bersama Sekretaris Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Ir. Hari Maryadi, M.Si , Kepala SKIPM Palu dan Ombudsman RI perwakilan Sulawesi Tengah

Turut memberi sambutan dan arahan Wali Kota Palu, Yang di wakili oleh Wakil Wali Kota Palu Dr.Reny A.Lamadjido Sp.PK., M.Kes menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Palu juga akan pencanangan ZI menuju WBK-WBBM.

Alhamdulillah walaupun tahun 2021 zonanya berada di zona Merah, karena kerja keras kami tahun 2022 kami mendapat zona Hijau. Ini semua kerja keras kami ingin menghasilkan suatu pemerintahan yang clean.

Ia berharap pada tahun 2023 WBK dan WBBM  di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palu dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu terlaksana.

“Ini sementara dalam penggodokan. Mudah-mudahan mereka juga bisa menjalankan semua yang diharapkan dari WBK dan WBBM. Sehingga Kota Palu keseluruhan instansinya sudah melaksanakan WBK dan WBBM,” ungkapnya.

Zona Integritas, merupakan predikat kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi. Khususnya, dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Pencanangan Pembangunan Zona Integritas adalah langkah awal dan bagian dari menyukseskan Reformasi Birokrasi. Dengan melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif, efisien, pelayanan prima, dan memuaskan,” katanya.

Ia menyatakan Reformasi Birokrasi yang menjadi komitmen seluruh instansi beserta aparatur pemerintah dan pelayanan publik. Penilaiannya, yakni dari seberapa besar pelaksanaan perubahan mendasar secara bertahap.

Sebagai Pemerintah Daerah, kami sangat mendukung kegiatan Stasiun KIPM Palu. Untuk membangun Zona Integritas serta dapat mempersiapkan rencana aksi yang konkrit, tambahnya. Handri Pinatik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *