banner 728x250
RAGAM  

Pemkot Palu Verifikasi 1300 Proposal Permohonan Bantuan Usaha

PALU | KORANINDIGO РPemerintah Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan verifikasi sekitar 1300 proposal permohonan bantuan peralatan usaha yang diusulkan warga  untuk pengembangan usaha.

“Proposal-proposal ini di verifikasi Dinas Sosial program bantuan bagi mereka yang butuh pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS),” kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid di Palu, Sabtu, (27/5).

banner 970x250

Ia menjelaskan, mekanisme verifikasi oleh Dinas Sosial dalam bentuk verifikasi data dengan memeriksa kelengkapan dokumen dan faktual atau mengunjungi warga pengajuan proposal untuk membuktikan kebenaran kegiatan usaha.

Setelah di verifikasi, selanjutnya dilakukan penilaian untuk menentukan berhak atau tidaknya bantuan diberikan, yang mana kriteria penerima yakni pemohon belum pernah menerima bantuan peralatan usaha dari pihak mana pun.

“Ini bagian dari upaya pemerintah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat supaya terlepas dari belenggu kemiskinan. Selain itu bantuan usaha ini juga perlu dilakukan pemantauan dan pendampingan supaya lebih berjalan produktif,” tuturnya.

Dia mengemukakan dari 1.300 proposal masuk, tidak semua bantuan langsung diberikan, penyaluran dilakukan secara bertahap, dan tidak menutup kemungkinan dari hasil verifikasi nanti ada permohonan tidak memenuhi syarat.

Ia meminta, instansi terkait melakukan verifikasi secara objektif supaya tidak muncul kesan negatif terhadap pemerintah.

Pemkot Palu pada Jumat (27/5) telah menyalurkan bantuan peralatan usaha kepada 47 penerima manfaat dengan latar belakang usaha perbengkelan, kuliner, laundry, pertukangan dan lainnya.

“Saya berharap penerima manfaat betul-betul memanfaatkan batuan ini menjadi sumber ekonomi keluarga. Kalau nanti bantuan ini berhasil dikembangkan, tidak menutup kemungkinan mereka bisa ajukan kembali karena dinilai berprestasi dan pengajuannya tidak lagi melalui Dinas Sosial, tetapi melalui Dinas Koperasi dan UMKM,” Papar Hadianto. (Ant\Ind)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *