banner 728x250
DAERAH  

Disbunnak Sulteng: Jumlah Pemotongan Hewan Kurban Sebanyak 8.000 Ekor

PARIGI | KORANINDIGO Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disbunnak) Provinsi Sulawesi Tengah mengatakan pihaknya memprediksi jumlah pemotongan hewan kurban di daerah itu sebanyak 8.000 ekor dalam rangka Perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

 

banner 970x250

“Sulawesi Tengah akan ada pemotongan 8.000 ekor hewan kurban yang terdiri dari sapi dan kambing,” kata Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Disbunnak Sulteng Dandy Alfita di Palu, Selasa, (06\27)

 

Ia mengatakan hewan kurban tersebut terdiri dari sapi sebanyak 6.500 ekor, dan kambing 1.500 ekor, yang masing-masing tersebar di seluruh kabupaten dan kota se-Sulawesi Tengah.

 

Berdasarkan data tahun 2022, kata dia, untuk pemotongan hewan kurban tertinggi berada di wilayah Kota Palu dengan sebanyak 1.300 hewan kurban dengan 100 titik pemotongan.

 

Ia mengatakan, ketersediaan hewan kurban tersebut dipenuhi dari hewan ternak milik peternak lokal yang tersebar di Sulawesi Tengah.

 

Menurut dia, hewan kurban yang dijual peternak dipastikan aman dari penyakit, khususnya penyakit kuku dan mulut (PMK) dengan adanya ear tag atau anting telinga pada sapi untuk memastikan kondisi kesehatan ternak tersebut.

 

“Insya Allah untuk hewan kurban di Sulteng aman, dengan adanya anting itu menandakan kalau ternaknya sudah di vaksin dan mudah mengetahui kondisinya,” katanya.

 

Sementara itu untuk hewan kurban presiden juga telah disiapkan yang berasal dari peternak di Kabupaten Sigi, yakni sapi dengan bobot sekitar 950 kilogram yang rencananya dialokasikan di wilayah Kabupaten Sigi. (Ind*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *