banner 728x250
DAERAH  

Wali Kota Palu Ajak Pemilih Pemula Sukseskan Pemilu 2024

PARIGI | KORANINDIGO Wali Kota Palu, Sulawesi Tengah Hadianto Rasyid mengajak pemilih pemula ikut berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

 

banner 970x250

“Pemilih pemula harus berkontribusi dalam pesta demokrasi, sekaligus dapat menjadi agen perubahan mengedukasi pemilih pemula lainnya,” kata Hadianto saat menghadiri acara gerakan cerdas memilih yang diinisiasi Lembaga Publik (LPP) RRI Palu, di Palu, Jumat, (07\07)

Di kesempatan itu, wali kota berpesan kepada pemilih pemula jangan sampai terlibat atau terjerumus politik uang.

Antusiasme ikut menyalurkan hak konstitusional di tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari 2024, sangat penting untuk kemajuan bangsa ke depan.

“Jangan sampai kita “golongan putih” (golput), satu suara sangat berharga bagi kemajuan negara. Tunjukkan sikap patriotisme sebagai warga negara yang baik” ucap Hadianto.

Menurut dia, pemilih pemula perlu diberikan penguatan maupun pemahaman seputar pemilu, hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara teknis, tetapi para pihak juga memiliki peran memberikan edukasi supaya tercipta demokrasi yang lebih baik.

Edukasi pendidikan politik kepada remaja yang telah memenuhi syarat sebagai wajib pilih dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan, salah satunya program gerakan cerdas memilih oleh RRI Palu yang memberikan manfaat positif bagi khalayak luas.

“Apa yang dilakukan RRI merupakan bentuk kepedulian terhadap demokrasi bangsa. Saya berharap gerakan-gerakan semacam ini dapat ditiru untuk memperkuat pondasi demokrasi,” ujarnya.

Menurut data KPU hasil pemutakhiran daftar pemilih yang telah ditetapkan dalam daftar pemilih tetap (DPT) Kota Palu berjumlah 271.124 orang, terdiri dari 132.851 pemilih laki-laki dan 138.273 pemilih perempuan. (Ind*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *