banner 728x250

Menkominfo: Jaringan Internet di IKN Harus 5G

JAKARTA | KORANINDIGO – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menegaskan jaringan internet di Ibu Kota Nusantara (IKN) semuanya harus sudah 5G. Pasalnya, IKN akan dibuat menjadi smart city yang hampir semuanya berbasis digital dan teknologi.

“Kalau IKN memang harus 5G. Sudah dicanangkan smart city, masa smart internetnya cuma 50 mbps, jadi enggak smart dong,” kata Budi Arie saat menghadiri acara Digital Creative Leadership Forum yang diselenggarakan CNN Indonesia di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat, belum lama ini.

banner 970x250

Kecepatan internet di IKN menurut Budi Arie tidak boleh ‘loyo’. Sebab bukan hanya digunakan untuk menjalankan sistem pemerintahan, internet akan digunakan di semua lini. Mulai dari sekolah, Rumah Sakit, hingga sistem transportasi akan berbasis internet.

“Semua yang ada di ibu kota semuanya harus didukung kecepatan internet yang memadai. Makanya harus 5G,” kata dia.

Pemerintah kata dia, saat ini juga sudah mulai mencanangkan kecepatan internet 5G di Ibu Kota Nusantara. Telkom bahkan sudah memproses dan membangun jaringan-jaringan internet 5G yang akan aktif ketika IKN mulai beroperasi.

Meski demikian, Budi menyebut internet 5G di IKN ini memang tak akan terpasang dalam waktu dekat. Dia juga tak bisa memastikan apakah di 2024 saat upacara 17 Agustus pertama kali digelar di IKN 5G sudah beroperasi.

“Ya kita pararel dulu siapkan infrastruktur dulu ini kan multi panel. Yang jelas Telkom sudah investasi untuk membangun infrastrukturnya,” kata dia.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menyebut internet 5G memang akan ada di IKN. Namun semua itu butuh proses hingga pembangunan IKN benar-benar tuntas menjadi smart city yang ramah lingkungan.

“Yang pasti kita harus dapat dukungan dari Pak Menteri karena nanti bahkan di sana akan ada pusat data nasional,” katanya.

Sementara itu, provider nasional, Telkomsel berkomitmen memberikan jaringan telekomunikasi terbaik hadir di IKN.

“Pasti dong, kita akan dukung semua program pemerintah. Apapun yang diinstruksikan presiden dan pemerintah ke arah mana dan minta pembangunan infrastruktur telekomunikasi khususnya kita pasti support,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki H Bramono saat ditemui beberapa waktu lalu.

Saki mengatakan Telkomsel bakal memberikan jaringan telekomunikasi terbaik untuk IKN di Kalimantan Timur. Beberapa di antaranya yakni jaringan telekomunikasi 5G dan fixed broadband IndiHome.

“Pasti kita berikan terbaik. Kalau di sana memang sudah 5G dibutuhkan, ya akan kita deploy 5G. Fixed broadband kita Indiehome juga akan masuk di sana,” jelas dia.(ind)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *