banner 728x250
RAGAM  

Amalan Sunah Sebelum Salat Jumat

Indigo – Rasulullah SAW rutin melakukan beberapa amalan sunnah sebelum beliau melakukan sholat Jumat. Amalan tersebut dilakukan secara lahiriah yang berhubungan erat dengan kebersihan jasmani.

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, ajaran Islam memang senantiasa memerintahkan umatnya untuk memerhatikan aspek kebersihan. Diceritakan dari Aisyah RA bahwa Rasulullah SAW bersabda,

banner 970x250

 

تَنَظَّفُوْا بِكُلِّ مَا اِسْتَطَعْتُمْ فَاِنَ اللهَ تَعَالَي بَنَي الاِسْلاَمَ عَلَي النَظَافَةِ وَلَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ اِلاَ كُلُّ نَظِيْفٍ

Artinya: “Islam adalah agama yang bersih. Maka, jagalah kebersihan karena tidak akan masuk ke dalam surga kecuali orang yang bersih.” (HR At Thabrani)

Sebelum melaksanakan ibadah salat Jumat, ada amalan sunah yang dapat dilaksanakan lebih dahulu. Ayo simak penjelasan lengkapnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber berikut.

1. Mandi

Dikutip dari NU Online, sunah yang pertama yakni mandi sebelum melakukan ibadah salat Jumat, dimulai dari fajar sampai sebelum salat Jumat dilaksanakan. Sebagai salah satu ibadah sunah, mandi tidak menjadi syarat sah untuk salat Jumat. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis yang diceritakan Ibnu Umar RA.

وَعَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمُ الجُمُعَةَ فَلْيَغْتَسِلْ ))

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Artinya: “Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda, “Apabila salah seorang di antara kalian mendatangi salat Jumat, maka hendaklah ia mandi.” (HR Bukhari dan Muslim.)

2. Memotong Kuku dan Kumis

Ibadah sunah berikutnya yakni memotong kuku dan kumis yang dilaksanakan sebelum salat Jumat. Sebagaimana dijelaskan dalam sumber dari Abu Jafar yang diambil dari kitab Assunanul Kubro.

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يَأْخُذَ مِنْ شَارِبِهِ وَأَظَافِرِهِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ

Artinya: “Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumisnya pada hari Jumat sebelum beliau pergi salat Jumat.” (HR Imam Al-Baihaqi).

3. Menggunakan Pakaian yang Rapi dan Bersih

Setelah mandi, memotong kuku dan kumis, umat muslim yang ingin salat Jumat disarankan untuk menggunakan pakaian yang bersih, rapi dan dianjurkan berwarna putih. Hal ini agar memudahkan kotoran terlihat dengan mudah dan dapat segera diganti. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirdmidzi dan Ibnu Majah.

الْبَسُوا الْبَيَاضَ فَإِنَّهَا أَطْهَرُ وَأَطْيَبُ وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ

Artinya: “Kenakanlah pakaian warna putih karena pakaian tersebut lebih bersih dan paling baik. Kafanilah pula orang yang mati di antara kalian dengan kain putih.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

4. Memakai Parfum atau Wewangian

Amalan sunah yang selanjutnya yakni memakai parfum (wewangian) atau sesuatu yang mempunyai bau wangi di tubuh dan pakaian. Parfum yang digunakan pun wanginya tidak berlebihan dan membantu mengurangi aroma dari tubuh yang kurang enak selama beraktivitas. Sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majjah.

إِنَّهَذَايَوْمُعِيدٍجَعَلَهُاللَّهُلِلْمُسْلِمِينَ،فَمَنْجَاءَإِلَىالْجُمُعَةِفَلْيَغْتَسِلْ،وَإِنْكَانَطِيبٌفَلْيَمَسَّمِنْهُ،وَعَلَيْكُمْبِالسِّوَاكِ

Artinya: “Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Bagi siapa yang ingin melaksanakan salat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian jika ada, dan menggosok gigi (siwak).” (HR: Ibnu Majah).5. Membaca Doa saat Keluar Rumah

Setiap aktivitas sebaiknya diawali dengan doa untuk untuk mengharapkan perlindungan dan berkah dari Allah SWT. Doa keluar rumah dapat diamalkan setiap hari, tidak hanya ketika ingin salat Jumat saja. Berikut teks doa keluar rumah yang dapat detikers hapal dan amalkan.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ
Latin: Bismillahi tawakkaltu alallah, laa haula walaa quwwata illa billah.
Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *