banner 728x250
RAGAM  

TPKAD Parigi Moutong dan OJK Berikan Edukasi Keuangan

KoranIndigo – Tim Percepatan Keuangan Akses Daerah (TPKAD) Kabupaten Parigi Moutong bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Industri Jasa Keuangan di daerah menggelar Seminar Edukasi Keuangan kepada masyarakat Desa Pelawa. Bertempat di Aula SMK Muhammadiyah Desa Pelawa Baru, Jum’at 19/1/2024.

Mewakili Pj Bupati Parigi Moutong, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Mawardin dalam sambutannya mengatakan pentingnya memiliki literasi keuangan yang baik dengan tujuan agar dapat memperoleh kesempatan yang sama dalam mengakses keuangan (inklusi) pada lembaga jasa keuangan formal.

banner 970x250

Menurutnya, edukasi literasi keuangan merupakan program pemerintah yang didukung oleh institusi keuangan secara nasional. Program itu dilaksanakan melalui berbagai kegiatan dan publikasi di media massa yang dilakukan secara mandiri maupun bekerja sama dengan OJK.

“Seperti kita ketahui bersama OJK adalah lembaga independen yang berperan dalam menyelenggarakan sistem dan pengawasan di sektor keuangan,”.

OJK memiliki fungsi penyelenggaraan sistem pengaturan dan pengawasan terhadap seluruh kegiatan sektor jasa keuangan. Dengan fungsi tersebut, secara langsung atau tidak, di OJK memiliki tanggung jawab untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan.

Mawardin juga mengatakan akses keuangan merupakan dasar dan memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Untuk mewujudkan keuangan yang inklusif diiringi juga dengan upaya mendorong masyarakat yang melek layanan jasa keuangan, agar masyarakat bisa tentukan produk dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan.

Menurutnya, Pemda Parigi Moutong terus berusaha mengembangkan potensi unggulan melalui TPKAD. Oleh karenanya perlu dilakukan upaya konkret dan optimal untuk memudahkan masyarakat memperoleh akses keuangan.

“Mengakhiri sambutan, saya berharap kepada yang hadir di kegiatan ini agar mengikuti seminar dengan baik supaya bisa paham tentang OJK dan segala bentuk investasi, serta produk dan layanan jasa keuangan, yang dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari serta bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Parigi Moutong,”. harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *