banner 728x250
RAGAM  

Pj Bupati Parimo Kunjugi Para Pelaku Usaha Ekspor Durian

KoranIndigo – Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo melakukan kunjungan di beberapa tempat para pelaku usaha pengekspor durian yang berada di dua Kecamatan di Kabupaten Parigi Moutong pada, Sabtu 3/2/2024.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Richard Arnaldo berkunjung ke pelaku usaha pengekspor durian, yakni PT Silvia Amerta Jaya di Desa Tolai setelah itu ke PT Ammar Durian Indonesia di Desa Tindaki Kecamatan Parigi Selatan, dan yang terakhir di Pondok Durian “Yan Dolar” di Desa Masari Kecamatan Parigi Selatan.

banner 970x250

Saat berkunjung ke PT Silvia Amerta Jaya, Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo meminta untuk mengajukan permohonan pendaftaran jenis varian durian lokal dan disertai namanya agar, bisa diusulkan untuk mendapatkan sertifikat tanda daftar durian dari Kementerian Pertanian RI.

Hal itu dilakukan agar pemerintah daerah dapat mengambil posisi untuk menentukan komoditi unggulan di daerahnya, kemudian dilakukan scale-up nilai ekonominya agar bisa ekspor.

Lebih lanjut, kepada para pelaku pengekspor durian itu, Pj Bupati menyampaikan perihal penumpukan limbah kulit durian yang menurutnya perlu pengelolaan yang baik.

“Ini tempat kedua yang saya kunjungi, perlu adanya pengelolaan limbah durian yang menumpuk misalnya dapat dijadikan biobriket yang bermanfaat sekaligus dapat mengatasi pencemaran lingkungan akibat keberadaan kulit durian yang melimpah, atau dijadikan pupuk dan sebagainya,” ujar Pj Bupati saat berkunjung ke PT Ammar Durian Indonesia.

“Durian kita, durian Parigi Moutong kualitasnya sangat baik narasa, namomi (enak, manis ) dan teksturnya lembut. Pj Bupati Parimo berharap dengan adanya pelaku usaha eksport durian saat ini, durian yang ada di Parigi Moutong semakin dikenal baik dalam negeri ataupun luar negeri,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *