banner 728x250
RAGAM  

Sosialisasi Kesehatan Pencegahan Kanker dan Tumor, Diharapkan Bisa Menjaga Pola Hidup

KoranIndigo – Dalam rangka pencegahan Kanker dan Tumor bagi masyarakat di Kabupaten Parigi Moutong, Yayasan Pencegahan Kanker Nusantara Menggelar kegiatan Sosialisasi yang bertempat di Aula Kantor Bupati Parigi Moutong pada, Senin 26/2/2024.

Hadir mewakili Penjabat (Pj) Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, Staf Ahli Bidang Pengembangan SDM Kawasan dan Wilayah, Armin melalui sambutannya mengatakan sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan sebuah inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kanker dan tumor di Wilayah Parigi Moutong.

banner 970x250

“Kanker dan tumor juga merupakan penyakit termahal karena pengobatannya yang memerlukan biaya yang sangat besar, oleh karena itu dengan memperbaiki pola hidup dan pola konsumsi kita dapat membentengi diri terhadap serangan kedua penyakit yang mematikan ini. Dalam usaha pencegahan kanker ini, kita harus lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, air putih serta berolahraga yang cukup,” ujarnya.

Ditambahkannya, dengan mengetahui dan mengenal gejala-gejalanya, maka kita dapat mencegah dan bahkan dapat menghindarinya. Kanker dan tumor merupakan penyakit yang sangat ganas karena termasuk rangking kedua setelah penyakit jantung yang mematikan, karena itu sangat penting untuk mengenal gejala-gejala awal sehingga setiap orang dapat memperbaiki pola hidup.

Masih pada kesempatan yang sama, dikatakannya sosialisasi ini dilaksanakan sesuai dengan peraturan menteri kesehatan (permenkes) nomor 34 Tahun 2015 tentang kanker. Kegiatan ini sangat penting sehubungan dengan meningkatnya jumlah penderita kanker di Indonesia.

Berdasarkan data dari berbagai rumah sakit yang menunjukkan bahwa setiap pasien yang datang berobat rata-rata sudah mencapai stadium lanjut, ini diakibatkan minimnya informasi yang diterima oleh masyarakat.

“Mengakhiri sambutan ini saya mengajak kita semua, untuk melakukan hidup bersih dan sehat, menjaga pola makan yang dapat mengurangi penyebab kanker. Sehingga diharapkan aparatur pemda Kabupaten Parigi Moutong dapat melakukan pencegahan atau langkah preventif sedini mungkin terhadap penyakit kanker tersebut sehingga angka dari penderita penyakit ini bisa terus menurun, karena mencegah lebih baik daripada mengobati,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *