banner 728x250
RAGAM  

Mensos RI Tri Rismaharini Lakukan Kunjungan Kerja di Kab. Parigi Moutong

KoranIndigo – Dalam Kunjungan Kerja Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, ia menyalurkan bantuan asistensi rehabilitasi sosial kepada warga lanjut usia, penyandang disabilitas dan anak-anak di wilayah Kecamatan Sausu kabupaten Parigi Moutong.

Kedatangan Menteri Sosial disambut oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Adrudin Nur, didampingi Kapolres Parimo, Kajari Parimo serta Anggota DPRD Parigi Moutong Leli Pariani, dilokasi kegiatan pada Selasa 5/3/2024.

banner 970x250

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan lansia di kecamatan Sausu ditemui hampir 90 % mengalami gangguan kesehatan pada mata, ia menyarankan agar masyarakat lansia segera ditangani pengobatanya.

“Kita sudah siap, dan sekarang kami sudah mensurvey tempatnya di Kota Palu, nanti semua pasien lansia kita akan bawah kepalu secepatnya, karena jika lambat ditangani mereka akan mengalami kebutaan dan menurunkan produktifitas mereka,” ucapnya.

“Kami punya centra operasi katarak dan masalah kesehatan mata di Kota Palu, dalam waktu sebelum masuk puasa ramadhan operasinya harus sudah selesai,” pinta Mensos Risma.

Selain itu ia menyebutkan bahwa penyandang disabilitas, lansia, anak yatim maupun fakir miskin menjadi tanggung jawab pemerintah untuk diberikan pelayanan sosial dari pemerintah daerah.

Ia mengatakan dilokasi kegiatan aktifitas bakti sosial ia juga melihat banyaknya anak penyandang disabilitas yang kena Celebral Palsy , ini juga harus bisa diselamatkan sejak dini, dan kami upayakan akan merujuk langsung ke daerah Solo, karena di Solo kami mempunyai Centra spesialis dalam rehabilitas, dan ini sudah terbukti berhasil anak dapat beraktifitas normal kembali.

Tak hanya itu Risma menyampaikan juga perlu adanya pelatihan bagi orang tua pendamping, kami upayakan orang tua tersebut juga bisa rutin terapi dalam sehari harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *