banner 728x250
RAGAM  

FORKUM Sekretaris DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota Sebagai Penguatan Kerja Sama

KoranIndigo – Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Sekda, Novalina menghadiri sekaligus membuka Rapat Forum Komunikasi Sekretaris DPRD (FORKOM) Provinsi dan Kabupaten/Kota se Sulawesi Tengah, di Gubuk Koi Zakheus Restoran dan Swimming Pool Desa Masari, Kecamatan Parigi Selatan, Rabu 6/3/2024.

Ketua DPRD Kabupaten Parigi Moutong, yang di wakili Mustakim Kono dalam sambutannya mengatakan bahwa penyelenggaraan forum kali ini hendaknya dapat memberikan kontribusi, sebagai sarana menyamakan presepsi terhadap suatu permasalahan, juga sebagai langkah alternatif yang dapat dilakukan dalam menyelesaikan problematika dan permasalahan dalam menfasilitasi tugas dan fungsi DPRD, juga sebagai ajang rembuk bersama dalam mencari solusi yang sedang terjadi.

banner 970x250

“Ada beberapa tantangan yang kita hadapi saat ini. Saya berharap melalui pertemuan ini, kiranya sekwan dapat memperkaya wawasan satu sama lain, sebagai sarana berdiskusi, membuat inovasi serta menghasilkan rekomendasi dalam rangka memperlancar kegiatan dan melahirkan kebijakan yang mendukung tugas pokok dan fungsi Dewan sehingga dapat terlaksana dengan baik,” kata Ketua DPRD.

Mewakili (Pj) Bupati Parigi Moutong Richard Arnaldo, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Kesra, Mawardin, berharap Rapat Forum Komunikasi Sekretaris DPRD (FORKOM) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Tengah dapat dijadikan ajang untuk memperkuat komunikasi dan kerjasama antara pemerintah daerah dan DPRD dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing, saling berbagi informasi, pengalaman dan ide-ide guna meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pembangunan di Sulawesi Tengah.

“Saya berharap kegiatan ini menjadi wadah yang efektif untuk membahas berbagai isu dan tantangan yang dihadapi Sekretariat DPRD, mari bersama kita mencari solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan dan memajukan Sulawesi Tengah kearah yang lebih baik,” ujarnya.

Mawardin mengatakan sinergitas Pemda dan DPRD akan memperkuat pengawasan terhadap program pembangunan, DPRD berperan sebagai pengawas yang aktif dan kritis, sementara pemda memberikan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan kebijakan, untuk itu perlu kolaborasi yang baik antara pemda dan DPRD.

“Dalam mewujudkan Visi dan Misi pembangunan Sulawesi Tengah yang lebih maju, lebih sejahtera, berkelanjutan dan inklusif diperlukan kolaborasi antara Pemda dan DPRD, dengan saling mendukung dan bekerja sama kita dapat mencapai kemajuan yang nyata bagi masyarakat dan membangun daerah ini kearah yang lebih baik,” ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdi Mastura yang di wakili Sekretaris Daerah Provinsi, Novalina, menyambut baik pelaksanaan Rapat Koordinasi Forum Sekretaris DPRD (FORKOM) sebagai sarana mensinergikan program dan kegiatan Sekretaris DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah.

”Peran para Setwan DPRD sangat strategis untuk menjembatani kepentingan-kepentingan baik eksekutif maupun legislatif dapat terakomodir karena apapun itu, kita semua membawa kepentingan masyarakat, hanya saja ada alur atau jalur yang harus diikuti dan dipatuhi. Sebagai bahan informasi bahwa telah dikeluarkan Surat Edaran KPK Nomor 2 Tahun 2024 yang didalamnya termuat pokok pikiran yang dihasilkan dari kegiatan reses harus sesuai dengan Visi dan Misi kepala daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *