banner 728x250
RAGAM  

Makanan Sehat dan Bergizi untuk Buka Puasa: Menu Buka Puasa yang Dianjurkan

KoranIndigo – PUASA mengharuskan orang yang menjalaninya menahan lapar selama beberapa jam. Puasa mewajibkan seseorang yang menjalaninya untuk menahan haus dan lapar. Karenanya, agar asupan nutrisi harian tetap dipenuhi, usahakan untuk mengkonsumsi menu buka puasa sehat dan bergizi seimbang. Simak beberapa rekomendasi menu buka puasa sehat di bawah ini.

Tips Buka Puasa Sehat

banner 970x250

Puasa memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama jika Anda menerapkan pola makan yang baik saat puasa. Ketika berpuasa, Anda disarankan untuk berbuka secukupnya dengan menu sehat. Pasalnya, makan berlebihan saat berbuka justru berdampak buruk pada kesehatan tubuh. Anda pun dapat mengawali buka puasa dengan menyantap beberapa buah kurma dan minum jus buah tanpa gula untuk mengembalikan kadar gula darah ke tingkat normal.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung tinggi lemak, gula, atau makanan yang digoreng. Jenis makanan tersebut dapat menyebabkan tubuh menjadi lebih mudah lesu ketika berpuasa serta memicu kenaikan berat badan yang tidak sehat.

Daftar Menu Buka Puasa Sehat Bergizi

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, ketika berbuka puasa usahakan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Berikut adalah beberapa rekomendasi buka puasa sehat yang baik dikonsumsi:

  • Kurma:

Kurma adalah buah yang cukup populer ketika memasuki bulan puasa. Selain memiliki rasa manis, kurma rupanya mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat sederhana yang berfungsi dalam mengembalikan sumber energi setelah berpuasa. Tak hanya itu, kandungan serat dalam kurma juga dapat membuat Anda lebih cepat kenyang sehingga bisa mencegah keinginan untuk makan berlebih. Pasalnya, makan berlebihan setelah berpuasa dapat menyebabkan perut kembung atau terasa nyeri.

  • Air Mineral:

Air mineral merupakan minuman buka puasa sehat yang tak boleh terlewatkan. Selama berpuasa, tubuh akan kehilangan cairan dan jika tidak segera diganti dapat menyebabkan dehidrasi atau bahkan bisa berujung ke kondisi yang lebih serius. Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh secara berkala sejak berbuka hingga sahur. Gunakan metode 2-4-2, yaitu dua gelas saat berbuka, empat gelas di sela-sela waktu berbuka dan sahur, serta dua gelas saat sahur.

  • Buah-buahan:

Selain kurma, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan lain sebagai menu buka puasa sehat. Tidak hanya memiliki rasa yang segar, buah-buahan juga mengandung banyak manfaat bagi Anda yang sedang menjalankan puasa keesokan harinya. Anda dapat mengolah buah-buahan dalam berbagai bentuk menu, misalnya salad, kolak, atau sup buah. Beberapa buah yang direkomendasikan untuk berbuka adalah semangka, kelengkeng, dan strawberry karena memiliki kandungan vitamin yang tinggi.

  • Sup Sayur:

Untuk mengembalikan cairan tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi sup sayur sebagai menu buka puasa sehat. Anda dapat membuat sup dengan campuran sayur segar, seperti wortel dan sawi. Anda juga bisa menambahkan daging ayam, bakso sapi, atau jamur agar lebih lezat. Daging dalam sup memiliki asupan protein yang tinggi sehingga dapat mengembalikan energi tubuh. Dengan mengonsumsi sayur dan daging, Anda bisa mengembalikan energi yang hilang selama berpuasa.

  • Daging Ayam:

Menu buka puasa sehat berikutnya adalah daging ayam tanpa kulit. Daging ayam mengandung berbagai nutrisi, mulai dari protein, vitamin, hingga mineral, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh ketika berpuasa. Di samping kandungan nutrisinya yang beragam, daging ayam juga bisa diolah menjadi berbagai variasi menu. Anda dapat mengolah ayam dengan cara dipanggang, direbus atau dibuat sup, soto, opor, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *