banner 728x250
RAGAM  

Pelabuhan Wani dan Donggala Siap Jadi Etalase Sulawesi Tengah sebagai Daerah Penopang Ibu Kota Nusantara

KoranIndigo – Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura didampingi Pj. Bupati Donggala Moh. Rifani Pakamundi meninjau secara langsung Pelabuhan Wani dan Pelabuhan Donggala menjelang kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Senin, (18/3/2024).

Peninjauan tersebut dilakukan dalam rangka mempersiapkan Kabupaten Donggala sebagai beranda atau etalase depan Sulawesi Tengah menjadi daerah Penopang dan Penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan.

banner 970x250

Turut serta, Kadis Bina Marga dan Penataan Ruang Faidul Keteng, Kadis Perhubungan Sumarno, Plh. Kadis Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Eddy N. Lesnusa, Sekda Kab. Donggala Rustam Effendi beserta jajaran, Kepala Kantor KSOP Kelas II Teluk Palu Alex.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura menuturkan, pelabuhan Wani memiliki panjang dermaga 150 meter dan pekerjaannya sudah selesai 100 persen. Sementara, pelabuhan Donggala memiliki panjang dermaga 320 meter dan direncanakan kedua pelabuhan tersebut akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Beliau berharap, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang bersama Balai Kementerian PUPR bisa bersinergi membangun dan meningkatkan mutu jalan di Kabupaten Donggala agar masyarakat IKN Kalimantan bisa berkunjung menyaksikan panorama sunset yang mempesona di Donggala.

Ia pun menyampaikan, pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah akan melaksanakan program mudik gratis pada 1 April 2024, untuk membantu masyarakat, pelajar dan mahasiswa agar dapat berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Program tersebut melalui jalur darat dan jalur laut. Untuk jalur laut dengan rute Wani, Ogoamas, Malala, Toli-Toli dan Buol.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *